Pengaruh Terapi Elektrik Akupnktur Terhadap Mean Arterial Pressure pada Pasien Hipertensi : Literature Review

  • Hamsih Hamsih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Taufik Septiawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Elektrik Akupunktur, Hipertensi, Mean Arterial Pressure

Abstract

Tujuan studi:Hipertensi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi dan menyerang organ-organ yang ada di dalam tubuh seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan juga kebutaan, oleh sebab itu tidak jarang hipertensi juga disebut sebagai the silent killer. Elektrik-Akupukntur hadir untuk menjadi salah satu solusi untuk menurunkan Nilai Mean Arterial Pressure (MAP). Penelitan literature review ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengaruh Elektrik Akupunktur terhadap Nilai MAP pada pasien Hipertensi

Metodologi: Peneliti menggunakan pencarian jurnal dari Google schoolar, PudMed dan Perpusnas. Jurnal yang di dapat terlebih dahulu di seleksi kreteria inklusi dan eklusi. Kemudian di lakukan penilaian menggunakan format dari Atwafer & Duffy (2005) yaitu Research Apprasisal Checlist (RAC). Jurnal yang di pergunakan hanya yang masuk dalam kategori Average dan Superior.

Hasil: Hasil nya di temukan 15 jurnal final yang terdiri dari jurnal Internasional. Kesimpulan dari semua jurnal yang ada adalah Elektrik AkupunkturĀ  di titik acupoint memiliki pengaruh dalam mestabilkan Nilai MAPĀ  dalam kisaran Normal.

Manfaat: Pasien Hipertensi perlu merawat diri dengan mengontrol nilai tekanan darah dan juga nilai MAP, dan melakuan terapi yang salah satu solusinya adalah Elektirk Akupunktur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29