Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Studi literature review

  • Febrianti Febrianti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Taufik Septiawan
Keywords: Tingkat Kecemasan, Kadar Gula Darah, Diabetes Melitus Tipe 2

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah berupa tinjauan pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode literature review yang menitikberatkan pada hasil penulisan yang berkaitan dengan variabel atau topik penulisan. Data yang digunakan terdiri dari 5 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional yang diperoleh dari Google Scholar, NurseLine Journal, EBSCO, Science Direct dan Scopus.

Hasil: Berdasarkan hasil jurnal yang dikumpulkan dan analisis penulis, ditemukan adanya hubungan antara tingkat kecemasan dengan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2. Hasil review 15 jurnal dengan berbagai pengujian hipotesis dengan uji Chi Square Mann Whitney, Regresi Linier, Spearman, T-Independen dan Covariance Test dengan p value < 0,05.

Manfaat: Penelitian ini dapat diterapkan dan menjadi referensi ilmiah di bidang kesehatan. Dan dapat menjadi data yang berguna bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis dengan variabel yang sama atau sejenis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12