Hubungan Kepatuhan Minum Obat terhadap Nilai Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe2 Litelature Review

  • Novita Puspitasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Taufik Septiawan
Keywords: Kepatuhan Minum Obat, Kadar Gula Darah, Diabetes Mellitus Tipe2

Abstract

Tujuan studi: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat terhadap nilai kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe2.
Metodologi: penelitian ini menggunakan metode litelature review yang mana mencari litelature dari jurnal, buku, internet atau dari sumber pustaka lainnya, data yang didapatkan dari 3 sumber yaitu, google sholar, pubmed, dan science direct jurnal diambil dalam penelitian ini terdiri dari 8 jurnal internasional dan 7 jurnal nasiona dari rentang tahun (2016-2021).
Hasil: berdasarkan hasil jurnal dan hasil analisis peneliti didapatkan bahwa ditemukannya hubungan antara kepatuhan minum obat terhadap nilai kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe2. Hasil review dari 15 jurnal dengan berbagai uji hipotesis dengan uji chi-square, dan uji Morisky Medication Adherence Scale-8 dengan nilai p value <0.05.
Manfaat: diharapkan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan, wawasan terkait kepatuhan minum obat terhadap nilai kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe2

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13