Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Hand Hygiene Dengan Metode Ceramah Dan Roleplay Dikombinasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Murid Sekolah Dasar

  • Dina Yunita Universitas Muhammadiyah kalimantan Timur
  • Taufik Septiawan
Keywords: kebersihan tangan, anak-anak, sekolah dasar dan pengetahuan

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang hand hygiene dengan metode ceramah dan roleplay dikombinasi dengan media audiovisual (video) terhadap tingkat pengetahuan.

Metodologi: Pencarian jurnal menggunakan Doaj, PubMed, Plos One dan Google Schoolar dengan tahun publikasi 2015-2020. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah hand hygiene, children, elementary school dan knowledge. penyaringan menggunakan Research Appraisal Checklis (RAC). Kemudian didapatkan 15 jurnal untuk direview.

Hasil: 5 artikel menggunakan metode demonstrasi, ceramah dengan media audiovisual dan 10 artikel hanya menggunakan metode ceramah saja. Kemudian dari 15 artikel hanya 4 yang menggunakan kelompok kontrol. Terjadi peningkatan pengetahuan yang lebih tinggi pada kelompok yang diberi intervensi dibanding kelompok kontrol. hasil dalam penelitian menggunakan ceramah, demonstrasi dan media audiovisual sangat baik digunakan dan juga lebih efektif.

Manfaat: Pengetahuan cuci tangan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan media audiovisual memiliki pengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan dalam mencuci tangan dengan sabun pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26