Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Hand Hygiene dengan Kombinasi Roleplay, Ceramah dan Audiovisual terhadap Tingkat Keterampilan Murid SD
Keywords:
Cuci Tangan, Keterampilan, Anak Sekolah Dasar.Abstract
Tujuan Studi: Untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang hand hygiene dengan metode ceramah dan roleplay dikombinasi media audiovisual (video) terhadap tingkat keterampilan pada murid sekolah dasar
Metodologi: Penelitian ini menggunakan literature review dengan sampel akhir 15 jurnal (Internasional dan Nasioal) setelah dilakukan pencarian literatur menggunakan Google Schoolar, Pubmed, Directory of Open Access Journals, dan Plos One dan penyaringan jurnal menggunakan RAC (Research Appraisal Checklist).
Hasil: Hasil pada penelitian ini ditemukan adanya peningkatan pada keterampilan mencuci tangan setelah dilakukan berbagai strategi intervensi.
Manfaat: Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang hand hygiene dengan metode ceramah dan roleplay dikombinasi dengan media audiovisual terhadap keterampilan pada murid sekolah dasar.