Hubungan Pengetahuan dengan kualitas hidup Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Pasundan Kota Samarinda

Authors

  • Siti Ulfa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin

Keywords:

Diabetes Melitus, Pengetahuan, Kualitas Hidup

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kualitas hidup penderita diabetes melitus tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Pasundan Kota Samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 89 responden. Data didapat menggunakan kuesioner. Uji bivariat menggunakan uji korelasi gamma

Hasil: Hasil analisa uji statistik menunjukkan adanya hubungan pengetahuan dengan kualitas hidup dengan nilai p-value 0,000 <  0,05 dengan koefisien korelasi 0,975 yang menunjukkan nilai korelasi positif dengan kekuatan korelasi sangat kuat.

Manfaat: Hasil penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi pasien diabetes melitus tipe 2 agar dapat meningkatkan kualitas hidup, untuk menjadi masukan penting bagi petugas kesehatan lebih memperhatikan tingkat pengetahuan penderita diabetes melitus tipe 2, untuk digunakan sebagai bahan referensi bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan hubungan pengetahuan dengan kualitas hidup penderita diabetes melitus tipe 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>